Cara mengganti Password Router Indihome Huawei HG8245H


Syabiz Tech mau berbagi sedikit pengalaman. Baru-baru ini kami baru saja mendaftar menjadi pengguna Indihome Tripleplay (3 layanan). Lumayan kecepatan stabil untuk wilayah Kabupaten Kuningan Jabar.

Sebagai usaha jasa yang bergerak di bidang IT, keamanan jaringan adalah hal yang sangat penting yang harus kami waspadai.

Huawei HG8245H adalah router yang di bekalkan oleh pihak Telkom Indihome dimana banyak yang membahas di situs blog-blog tentang keamanan Router Huawei ini.

Jika di telusuri, terdahulu router Sebelumnya Indihome membekalkan router merk ZTE, sebelum bertukar kepada Huawei. Yang paling banyak di bahas adalah tentang Huawei type HG8245A, sementara kami menggunakan HG8245H.


Mengenai keamanan, mengganti password Admin Super adalah hal yang sering di temui.

Kami pernah coba mengikuti panduan yang di terapkan pada type HG8245A, ternyata berbeda karena encrypt-nya berbeda sehingga router jadi ga bisa di akses password Admin Super nya setelah membuat password dengan encrypt md5+sha256!

Awas jangan terapkan pada router type HG8245H.

Ketika itu tentu sebelumnya kami sudah membackup file configurasinya. Tapi percuma, karena setelah di reset dengan tombol reset, password super admin tidak kembali ke default!

Seperti yang kita ketahui bersama, password Default nya:

Admin standar
Username : Admin
Password: admin

Admin Superuser
Username: telecomadmin
Password: admintelecom

Admin Telnet
Username: root
Password: admin

Jadi saat kami telah mengganti password Admin Superuser dengan metode menciptakan password dengan encrypt md5+sha256, password itu tidak bisa di gunakan, dan di reset juga password tersebut tidak berubah.

Akhirnya kita ga bisa balikin lagi ke pengaturan default dan akses ke Admin Super tidak bisa di akses.

Solusinya paling gampangnya panggil orang telkom 147 dan pura-pura bodoh dengan alasan ga tau kenapa... Mumpung baru sehari di pasang pasti ada "service after sales" Lol..

Bingung kemana solusi mau di dapatkan, akhirnya kami alternatif sendiri...

Setelah di reset oleh petugas telkom yang datang kerumah, kami ulang membaca file configurasinya.

Seperti biasa kami akan masuk ke login Admin Superuser dan mem-bacakup Configurasinya.

Setelah file configurasinya yang dalam bentuk file .xml itu kami dapatkan, kami buka pakai notepad++. Kalau pakai android bisa buka pakai aplikasi Jota+.

Untuk pengetahuan semua, type HG8245H file configurasinya tidak di encrypted seperti mana type HG8245A kecuali passwordnya.

Jadi filenya lansung bisa di baca-baca dan ditelusuri. Ternyata setiap password baik Admin Standar, Superuser dan Telnet, passwordnya ditambahin "garam" (salt). Maaf kami tidak akan menjabarkanya soal encrypt. Tapi silahkan di teliti dan googling mengenai encrypt dan jenis-jenisnya.

Kami juga pasti encrypt apa yang di gunakan. Kalau tidak salah itu menggunakan encrypted AES. Sekali lagi kami tidak membahas soal encrypt, yang kami tau hanyalah, kami mau mengganti password Superuser ini.

Karena jika seseorang dapat memasuki router kami melalui Wifi, bisa saja mereka mengacak-acak konfigurasinya karena tiada fitur ganti password di pengaturan web interfacenya.

Bisa saja kami block akses web interface melalui wifi, Tapi kami sendiri yang kesulitan mengaksesnya untuk pengaturan lain kecuali colokin kabel LAN jika di buat pengaturan demikian.

Sementara kami berusaha menerapkan "Smart Acceas" (tanpa kabel) dalam jaringan kami.

Kami putar otak. Akhirnya setelah berbincang dengan sahabat kami yang memang bekerja sebagai pengatur lalulintas trafik internet di bawah naungan perusahaan yang memegang kendali jaringan level Tier1 di Kuala Lumpur, dia menyarankan agar kami ganti password Admin Standar dulu. dan Copas ke Superuser pada file configurasi.

Setelah Passwod Admin Standar di ganti logout dan silahkan masuk ke Superuser.

Backup file configurasinya dan lihat encrypt hash password sudah berganti. termasuk value pada "salt" nya.

Lalu kami copy password dan salt pada baris Admin Standar dan paste pada baris Admin Superuser dalam hal ini usernya jangan di ganti. Hanya value Password dan value Salt.

Setelah itu kami upload balik file yang sudah di modifikasi passwordnya, dan tunggu sampai router restart.

Setelah itu kami coba masuk ke akun Superuser, dengan menggunakan password yang sudah saya ganti (sama dengan password yang di pake di Admin Standar tanpa mengganti usernya).

Hollaa.... Kami berhasil menggantinya. dan kami juga menerapkan password tersebut pada akun root untuk Telnet.

Dan anda yang menggunakan Router terbaru dari Indihome (HG8245H) bisa melakukan seperti kami lakukan.

Bisa di lakukan dengan android juga tanpa komputer dengan syarat pengaturanya masih default (bawaan).

Hati-hati dalam melakukan (acak-acak) file configurasi. Apalagi kalau garansi dari Telkom sudah expired. Akibatnya anda bisa disuruh beli router baru.

Begitulah sedikit pengalaman yang bisa kami bagikan. Moga dapat membantu.

Hubungi kami untuk Jasa terkait IT dan kami siap membantu melalui www.wasap.my/6281312126600

***

Misi selanjutnya kami sedang berusaha mendapatkan password akun SIP VOIPnya agar telpon rumah yang tersambung ke router indihome itu bisa kami pakai di aplikasi SIP Phone seperti CSIPSimple atau Bria Mobil.

Karena menggunakan aplikasi android Movin' bawaan telkom tidak stabil dan sedikit merepotkan. Hanya bisa di pakai di jaringan Indihome, Wifi.id dan Seamless...

Maunya bisa di pake di jaringan mobile seperti Telkomsel, Indosat dan sebagainya agar kita bisa tetap bisa menerima dan memanggil dari telpon rumah/kantor dari mana saja.

Bayangkan kita lagi berkendara, tentu akses internet yang kita pake provider GSM 3G dan 4G kita. apakah Movin' tetap berfungsi?

Makanya next mission kami coba dapatkan pengaturan SIP VOIP Indihome dan bisa di pakai di aplikasi pihak ketiga yang open source dan jika bisa di terapkan di jaringan internet non telkom juga biar merasa bebas.

Like dan Follow Page Syabiz Tech, dan kami akan terus berbagi tips dan trik mengenai IT.

Salam hormat!

IT Team, Syabiz Tech

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages